Saturday, March 10, 2012

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KULTUR KITA

1. Film 
           a. Transformers

             Dengan film ini  kita telah di kenalkan efek-efek visual yang jelas seperti nyata. Meski hanya cerita fiksi, tapi dalam film ini menggambarkan betapa canggihnya robot-robot yang bisa berubah menjadi kendaraan seperti mobil, truk, pesawat, dan yang lainnya. Sehingga begitu banyak yang menyukai film ini dari segi cerita maupun efek animasinya. Secara konsep, film ini merupakan imajinasi anak kecil, namun bisa saja suatu saat nanti, perlahan-lahan manusia menciptakan robot seperti itu dengan konsep teknologi robot yang bisa bertransformasi dari kendaraan atau benda-benda lain. Wuuiiihh??  pastinya benar-benar mantab ya??


            b. Iron Man
 
              Film yang di ambil dari marvel comics Iron Man merupakan cerita fiksi yang banyak disukai. Dalam kisahnya, Tony Stark (Robert Downey Jr.) adalah pencipta baju besi yang berteknologi sangat canggih.Baju besi yang ia ciptakan bisa membuatnya terbang, mengalahkan pejuang Sepuluh Cincin yang memberontak di Daerah Afghanistan itu dengan mudah. karena di dalam baju besi tersebut terdapat roket, senjata laser, dan lain-lain yang super canggih. Dari canggihnya baju besi tersebut, setiap orang pasti terinspirasi untuk bisa membuat alat secanggih itu.
              Oleh karena itu, film ini sangat berpengaruh pada teknologi terutama teknologi super canggih. Pastinya manusia juga berusaha untuk bisa membuat baju besi super canggih yang mungkin bisa digunakan sebagai sistem pertahanan suatu negara.

2. Buku / Cerita

            * Kiteretsu Daihyakka

               Kiteretsu menceritakan tentang seorang anak bernama kiteretsu yang merupakan keturunan seorang ilmuwan/penemu Jepang pada masa lalu. Ia mendapat buku catatan dari nenek moyangnya mengenai penemuan-penemuan yang dilakukan oleh pendahulunya. Ia pun kemudian berusaha melanjutkan penelitian yang telah dibuat, dan mulai menciptakan barang-barang yang aneh yang digunakannya dalam setiap petualangan.
               Kisah yang menceritakan keseriusan seorang anak dalam belajar sains ini mengajarkan anak untuk berfikir teknis dan rajin dalam melakukan sesuatu ke depan nanti. Sehingga, meskipun kisah ini khayal, namun sangat berperan dalam keseriusan anak belajar dalam sains sebagai pencetus teknologi modern yang belum pernah diciptakan manusia atau mengembangan teknologi yang sudah ada.

Tugas 1
Nama           :  Firdaus Kurniawan Z
NIM            :  A11.2011.05869
Mata Kuliah : Konsep Teknologi


No comments:

Post a Comment