Thursday, March 8, 2012

MODEM DAN SEJARAHNYA

1. Apa itu Modem?
          Di jaman sekarang ini, siapa sih yang tak mengenal modem? Banyak orang orang pasti sudah mengetahui apa itu modem dan juga fungsinya. Jadi, kata-kata modem mungkin sudah tak asing lagi bagi kita semua.
          Pada umumnya, orang-orang mengartikan modem itu adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk melakukan koneksi ke internet. Sehingga dengan menggunakan modem , maka komputer seseorang bisa terhubung langsung ke internet. Secara teori, Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Ini adalah sebuah proses dimana sinyal berbentuk digital (yang dihasilkan komputer) dirubah menjadi sinyal analog (gelombang eloktromagnetik) atau sebaliknya, sehingga komputer tersebut bisa terhubung langsung dengan koneksi internet.
2. Sejarah Modem
           Awalnya, ide dari modem berasal dari penangkap sinyal kabel koaksial tv atau beberapaamplifier/booster (sekitar tahun 1940an). Kemudian modem diciptakan di tahun 1950 untuk keperluan militer yang pada waktu itu masih menggunakan komputer berukuran besar. Diproduksi oleh perusahaan komputer sekarang populer, IBM, modem digunakan sebagai bagian dari sistem pertahanan udara, tujuan mereka adalah untuk menghubungkan berbagai pangkalan udara dan pusat-pusat kontrol.
Modem Hayes
            Sampai sekitar tahun 1977, modem untuk Personal Computer (PC) ditemukan oleh Dennis C. Hayes. Modem yang diberi nama Modem Hayes ini pertama kali Ia jual pada bulan April 1977. Kemudian Ia mendirikan  perusahaan D.C. Hayes Assosiates,Inc (belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp) di tahun 1978.
                   Modem Hayes ini kemudian termodifikasi dari masa ke masa hingga saat ini menjadi modem yang lebih simpel dan sederhana. Lebih mudah mendapatkannya dan semakin cepat koneksinya.











Tugas 1
Nama            :  Firdaus Kurniawan Z
NIM             :  A11.2011.05869
Mata Kuliah  : Konsep Teknologi

No comments:

Post a Comment